Monday, May 19, 2008

SIKNAS ONLINE BELUM DAPAT MENGHASILKAN INFORMASI YG AKURAT DAN TEPAT WAKTU

SIKNAS online dibangun dengan membangun jaringan online dari pusat sampai kabupaten/ kota disertai dengan beberapa software, yaitu software tentang konsultasi eksekutif, data informasi KLB penyakit, data bulanan penyakit/ imunisasi, data bulanan gizi dan KIA, alokasi data keuangan, data tahunan SDM kesehatan, dan data sarana puskesmas. SIKNAS online ini bertujuan untuk (1)engoptimalkan aliran data dari unit pelayanan kesehatan di tingkat bawah ke Dinkes Kabupaten/Kota dan Dinkes Provinsi serta ke pusat (Depkes), (2)menyederhanakan dan mengintegrasikan sistem-sistem informasi atau sistem-sistem pelaporan yang ada.

Rencana Pusdatin Depkes RI yang diutarakan oleh Bob Susilo, SKM, MPH saat sosialisasi SIKNAS oline di Sulsel bahwa pada tahun 2009 nanti akan direncanakan untuk membangun jarinan online sampai ke tingkat puskesmas, namun belum tentu terealisasi karena seteah dihitung-hitung, biayanya sangat besar.

SIKNAS online sudah berjalan pada tahun ke dua, namun sampai saat ini belum dapat menghasilkan informasi yang akurat dan tepat waktu. Walaupun sudah lengkap dengan jaringan online dan softwarenya.

Beberapa pengelola data kabupaten/ kota di Sulsel saya tanya, kenapa tidak mengisi software SIKNAS online ? Permasalahannya adalah informasi yang akan dimuat pada SIKNAS online tersebut masih sulit dikumpulkan/ didapatkan, masih sama permasalahan sebelum SIKNAS online dibangun. Hal ini terjadi karena masih menggunakan software yang sifatnya data rekap yang diinput ke software tersebut, sehingga data yang akan dimuat pada software masih sulit mendapatkannya, dan bahkan bisa terjadi jika pengelola data yang paling bawa didesak untuk memasukkan data rekapnya untuk dimasukkan ke software tersebut bisa saja memungut data di lututnya. Tetapi mudah-mudahan tidak asal isi.

Saran saya, Pusdatin sebaiknya membuat software yang menggunakan data individu untuk sarana kesehatan yang paling bawa, karena menurut saya, informasi yang akurat dan tepat waktu dapat diperoleh dari data individu yang dikelola secara elektronik.

4 comments:

CHANDRA said...

Ass ...
Woi ... bagus sekali tulisan mu bos, saya setuju sekali Siknas Online ini arahnya masih sangat dangkal, sebaiknya diperjelas dulu arah pengembangannya di Daerah.
Wasalam ...

CHANDRA said...

Bos ... bagaimana kalo tulisan mu ini di posting juga ke Weblognya Simkes ???

Sudarianto said...

monggo mas....

Anonymous said...

Setuju Pak .....

Kalau sistem yang implementasikan di sumber data yang paling dasar itu secara detail pasti hasilnya akan sangat bagus sekali ....

Kata orang luar negeri 'evidence based'

Salam Kenal

Maula